gunadarma

gunadarma
lambang

Senin, 21 November 2011

PENGENDALIAN SISTEM INFORMASI dan KOMPUTER

Saat ini, oleh karena adanya pergeseran ke lingkungan e-commerce berdasarkan internet, pengendalian baru perlu dikembangkan untuk mengendalikan munculnya risiko-risiko baru.

Dengan perkembangan sistem informasi dan TI memberikan kesempatan bagi organisasi untuk meningkatkan pengendalian internalnya.

Dunia saat ini banyak yang tergantung pada teknologi informasi untuk memproses informasi bisnisnya secara elektronik.

Oleh karena sistem informasi berkembang, begitu pula dengan sistem pengendalian internal. Ketika bisnis bergeser dari sistem manual ke komputer utama, harus dilakukan pengendalian baru harus dilakukan untuk menurunkan resiko yang dibawa oleh sistem informasi berdasarkan komputer yang baru ini.

Yang Terdapat dalam Sistem yang Andal

1. Ketersediaan (availability)
2. Keamanan (security)
3. Dapat dipelihara (maintainability)
4. Integritas (integrity)

Tiga kriteria berikut ini dikembangkan untuk mengevaluasi pencapaian prinsip tersebut.

1. Entitas memiliki tujuan kinerja (performance objective), kebijakan dan standar yang telah ditetapkan, didokumentasikan , dan dikomunikasikan, dan telah memenuhi tiap prinsip keandalan.
2. Entitas menggunakan prosedur, sumber daya manusia, softwere, data, dan infrastruktur untuk mencapai setiap prinsip keandalan, dengan berdasarkan pada kebijakan dan standar yang telah ditetapkan.
3. Entitas mengawasi sistem dan mengambil tindakan untuk mencapai kesesuaian dengan tujuan, kebijakan, dan standar, untuk mencapai prinsip keandalan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar