gunadarma

gunadarma
lambang

Senin, 08 November 2010

Bencana yang melanda Indonesia

Betapa indahnya alam yang ada di Indonesia ini. Begitu banyak ragam flora & fauna yang hidup di wilayahnya, serta kekayaan tambang yang ada di dalamnya. Tetapi di balik itu semua, begitu banyak bencana yang melanda bumi Indonesia ini. Mengapa bisa terjadi demikian? Siapa yang menyebabkan semua itu terjadi?? Siapa yang harus disalahkan?


Kita sebagai manusia tidak mempunyai kewenangan untuk menyalahkan siapapun. Yang bisa kita lakukan adalah menjaga segala sesuatu yang ada di bumi ini, bukan hanya yang ada di Indonesia. Sebenarnya sebagian dari bencana yang terjadi di Indonesia atau dimanapun adalah akibat dari perbuatan manusia itu sendiri. Contohnya banjir dan tanah longsor, bencana itu terjadi karna ulah manusia. Begitu kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya membuang sampah pada tempatnya, tempat yang sudah di sediakan. Tapi masyarakat tidak berfikir apa yang akan terjadi nanti jika kebiasaan membuang sampah tidak pada tempatnya itu terus dilakukan. Akhirnya banjir akan melanda wilayah sekitarnya, karna kurangnya area resapan air dan juga adanya penumpukan sampah yang mengakibatkan mampatnya selokan, sehingga air tidak dapat mengalir dengan sempurna.


Selain itu, penggundulan hutan yang dapat menyebabkan longsor. Itu terjadi karna ketamakkan sebagian kecil masyarakat yang akhirnya berakibat besar dan berdampak pada masyarakat lain di sekitar. Para pengusaha ataupun perusahaan yang mengunakan pohon atau kayu sebagai bahan dari usahanya, hanya berfikir bagaimana usaha mereka bisa terus berlanjut dan semakin besar. Mereka tidak berfikir untuk tetap menjaga keseimbangan alam dengan menanam kembali bibit-bibit pohon baru, sehingga nantinya bencana longsor tidak akan terjadi. 

Hal-hal atau bencana-bencana itu sebenarnya bisa dicegah. Yaitu dengan menumbuhkan kembali rasa cinta kita kepada alam ini. Menumbuhkan rasa kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan. Saling mengingatkan jika ada masyarakat yang membuang sampah tidak pada tempatnya & menebang hutan secara besar-besaran tanpa adanya pemulihan kembali atau penanaman kembali wilayah yang telah di tebang. Dengan adanya sifat-sifat seperti itu, maka bencana banjir dan longsor tidak akan melanda negeri Indonesia ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar